.elementor-kit-2474 p { margin-bottom: 15px; }

Tips agar Bisnis UMKM Mampu Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

STIE Darunnajah – Munculnya wabah virus Corona telah mencuri perhatian seluruh dunia. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi telah mengumumkan Covid-19 tersebut sebagai pandemi atau wabah global.

Efek pandemi virus Corona tentu berdampak pada berbagai lini kehidupan, termasuk aktivitas para pelaku bisnis usaha kecil dan menengah atau UMKM.

Untuk mengatasi persoalan ini, pelaku bisnis bisa menjalankan sejumlah strategi agar bisnis tetap berjalan lancar di tengah ancaman resesi ekonomi akibat Covid- 19

  1. Pastikan Cashflow Terjaga dengan Sehat

Arus kas adalah salah satu unsur yang paling penting dalam berbisnis. Sehingga suatu bisnis harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik.

Jika tidak maka risikonya bisnis yang Anda jalankan mengalami kebangkrutan.

Untuk itu penting bagi Anda untuk menjaga kondisi arus kas agar tetap seimbang. Pengelolaan arus kas dapat menentukan hidup dan matinya bisnis Anda.

  1. Rencanakan Ulang Pendapatan dan Pangkas Anggaran Biaya

Rencana anggaran biaya dalam bisnis adalah sebuah outline yang sengaja dibuat untuk mengorganisir bisnis mereka sesuai dengan budget atau pengeluaran yang diperlukan.

Langkah ini perlu dilakukan terutama untuk mengevaluasi kinerja bisnis, apakah menguntungkan atau justru dalam posisi rugi.

Tidak hanya itu, membuat rencana anggaran biaya terbilang sangat penting dalam bisnis untuk mengkalkulasikan seluruh anggaran yang akan dilakukan dalam business plan di periode selanjutnya.

  1. Selalu Monitor Transaksi Bisnis

Para pelaku bisnis tak terlepas dari aktivitas transaksi perbankan. Untuk menghindari risiko terkena Virus Corona di ruang publik, Anda sebaiknya menghindari kunjungan ke kantor cabang perbankan secara langsung dan lebih memilih transaksi via online.

Melalui fitur Cashlink pada Jurnal, Anda dapat melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis tanpa perlu repot mengunjungi kantor fisik, solusi yang baik untuk bisnis UKM di masa pandemi bukan?

Itulah beberapa tantangan dan tips agar UMKM bisa bertahan di masa pandemi.

Harus ada kerjasama antara pihak pemerintah dan juga bisnis. Mudah-mudahan kondisi cepat pulih dan ekonomi bisa kembali normal

Kontributor: Salma Kamilaningsih, Mahasiswi Administrasi Bisnis

 

Baca Juga