.elementor-kit-2474 p { margin-bottom: 15px; }

Studi Akademik Darunnajah Business School : Ajang Mahasiswa Belajar Bisnis Secara Nyata

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

Bogor – Telah terlaksanakan kegiatan Studi Akademik Darunnajah Business School, pada jum’at tgl 25 Maret 2022, yang terdiri dari mahasiswa semester 2 prodi administrasi bisnis, dengan tujuan untuk memperluas wawasan dan menjalin hubungan ukhuwah Islamiyah, tempat pertama yang kami tuju adalah PT Ufia, dan kemudian lanjut ke pemerahan sapi.

Pada malam jum’at, semua mahasiswa yang berada di bogor, di Tangerang, maupun yang di pamulang, semua berkumpul untuk menginap semalaman di tempat penginapan yang Bernama Andalusia yang berada tepat di ululjami, tepatnya di Darunnajah pusat.

Semua mahasiswa dan dosen yang ikut pun sangat berantusias sekali dan bersemangat, saat Mentari mulai menyapa ruangan kami, memantul kembali melewati kaca kaca kamar kami, tandanya pagi sudah tiba dan saat nya kami bergegas, tepat jam 07.00 A.M kami semua berkumpul di lapangan dan kemudian mendengar arahan dari pada dosen kami, mengenai perihal pembagian bis dan lain sebagainya, dan kami pun berangkat.

1.Tentang PT Ufia Tirta Mulia.

Sambutan dari Pemilik Pt Ufia Tirta Mulia

Di antara hamparan sawah nan hijau, di balik kaki gunung salak, terdapat tempat yang Bernama PT Ufia Tirta Mulia (UTM), terbentuk oleh dorongan untuk memberdayakan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di negeri tercinta ini. Dengan landasan ajaran Al-Quran dan Al-Hadits.

Manajemen PT UTM telah mewajibkan semua jajaran dan siapa saja yang berafiliasi dengan kami untuk mempunyai sifat–sifat Amanah, Rajin dan Jujur (“ARDJU”). Dengan ketiga sifat tersebut yang terus menerus dipupuk dan dikembangkan kami yakin, InsyaAllah PT UTM dapat merebut pasar air minum mineral khususnya dan air minum dalam kemasan pada umumnya. Dengan semboyan “Minum Ufia Bermineral & Beramal”. PT UTM yakin akan didukung oleh seluruh umat Islam dan akan berkembang pesat, sehingga kami dapat ikut berpartisipasi dalam mengentaskan kemiskinan di negeri ini yang mayoritas saudara–saudara kita seiman.

Air minum Ufia diproses dari sumber mata air pegunungan langsung yang mengalir ke dalam pabrik melalui pipa menuju tangki penampungan yang telah dilengkapi teknologi water treatment termutakhir. Dilengkapi dengan sinar ultraviolet serta ozonisasi untuk membunuh dan membersihkan kuman secara maksimal. Dan perbedaan Ufia dengan produk air kemasan lain adalah didalam proses pengambilan air sampai proses pengepakan, lantunan ayat-ayat Al-Quran selalu mengiringi keseluruhan proses sehingga kebaikan air mineral lebih baik lagi, dengan membelinya secara otomatis kita berinfaq sejumlah 15,-

Kekuatan infaq 15,- Dalam Al quran surat An Nisaa (04:40) …dan jika ada kebaikan sebesar ZARAH, niscaya Allah akan melipat gandakan dan akan memberikan pahala yang besar dari sisi-Nya. Kapasitas mata air yang digunung Pangrango, Desa Cinagara

– Bogor adalah 30 liter/detik, kalau kita bisa memanfaatkan 20 liter/detik saja :

= 1200 liter/menit = 72.000 liter/jam
= 1.008.000 liter/hari (7 jam x 2 shift = 14 jam)
= 25.200.000 liter/bulan
= 302.400.000 liter/tahun

INFAQ Rp15

= Rp15 x 302.400.000 liter
= Rp4.5 milyar/tahun.

 

 

Antusias para mahasiswa dalam mempelajari Pt Ufia Tirta Mulia

Para mahasiswa yang antusias sekali dalam study akademik ini, memanfaatkan waktu untuk bertanya dan melihat langsung lebih jelas tentang pembuatan air yang bias akita konsumsi sehari hari, dan di mulai dari gerbang proses awal pembuatan hingga akhir pada tahap pengemasan, setelah itu, kami break untuk makan dan bersiap untuk shalat jum’at.

Istirahat dan makan bersama

Sebelum kami pamit untuk pulang, tak lupa untuk memberi kenang kenangan, atas kunjungan kami, dan kami pun di beri air ber kadus kadus secara gratis sebagai oleh oleh.

Pemberian kenang kenangan kepada pemilik PT Ufia Tirta Mulia

Kami pun melanjutkan perjalanan menuju tujuan ke 2 yaitu tempat pemerahan sapi, yang di produksi sendiri, sesaimpainya kami di sana, ternyata bis kami tidak muat memasuki gang kecil, akhirnya kami mengantri untuk menaiki mobil picup, seseampainya di tempat.

  1. Produksi Sapi Perah

Tempat yang tidak jauh dari lokasi pertama, kali ini tujuan kita adalah pergi melihat proses pembuatan susu sapi dari sapi perah langsung, setelah sampai kami bergantian memakai mobil losbak, setelah sampai, kami di sambut hangat oleh keluarga itu, namun sayang nya kami tidak sempat untuk mengambil susu langsung dari sapi nya, karna waktunya sudah terlewati, kami pun ke lantai 2, karna di bawah itu terdapat sapi sapi.

Untuk umur sapi sendiri adalah 7 hingga 8 tahun, setelah itu harus di sembelih karna sudah tidak bisa di produksi Kembali ‘ujar pemilik sapi perah itu’ jadi beliau telah memulai bisnis sapi perah mulai dari lulus sekolah SMA, mulai dari mempunyai 7 ekor sapi hingga akhirnya berkembang hingga 30 ekor sapi.

Dalam berbisnis memang tidak mudah, butuh proses dan ketekunan dalam menjalankannya serta dukungan dari orang orang terdekat juga mempengaruhi, serta tentunya untuk modal dan semangat yang tinggi juga di perlukan.

Dan kamipun mendapatkan buah tangan berupa yogurt susu sapi asli yang berperisa strawberry, dan kami pun pamit.

Perjalanan kami pun belum selesai sampai di situ saja, selanjutnya, kami menuju ke pusat oleh oleh bogor, hingga setelah isya, kamipun melanjutkan perjalanan pulang, dan sesampainya di pondok pada jam 22.00 dan kami pun kembali pulang ke tempat masing masing.

Baca Juga