Rabu (21/7/2021) Hari Raya Idul Adha merupakan Ibadah Tahunan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim, karena disyariƔtkan kepada kaum muslimin untuk berqurban semampunya dengan hewan qurban Kambing, domba, sapi dan kalo di masyarakat arab dengan unta. Kenapa demikian? Hal ini salah satu bentuk ibadah mahdhah. Selain itu tujuan dari ibadah qurban ini adalah saling berbagi rezeki berupa daging qurban. Karena tidak semua bisa memakan daging kecuali pada hari raya Idul Adha.

Perguruan Tinggi Darunnajah mengadakan agenda qurban bersama para dosen, tim pengelola dan mahasiswa untuk bersama-sama meneladani ibadah ini. Agenda ini dilakukan pada hari ke 2 setelah Idul Adha berlangsung, adapun jumlah hewan quran berjumalah 3 ekor kambing. Sebelum melaksanakan pemotongan hewan quran perlu diagendakan pengarahan tata cara penyembeliahan hewan qurban, guna untuk mencharg pengetahuan tentang penyembeliahan hewan qurban.

Diawali dengan sambutan dari Ketua STIE Darunnajah Jakarta yaitu Samiyono, M.Pd dalam sambutannya beliau menyampaikan ” Kita itu harus selalu bersyukur kepada Allah SWT di tengah-tengah pandemi covid ini masih bisa merasakan qurban bersama dosen, tim pengelola dan mahasiswa. Marilah bersama-sama kita saling berlomba-lomba dalam kebalikan sehingga di Idul Adha bisa lebih meriah lagi”.

Adapun pemateri adalah Dr. Taufik selaku Kaprodi Hukum Keluarga Islam STAI Darunnajah Jakarta, beliau menyampaikan ” 2 hal yang perlu disiapkan sebelum menyembelih adalah Ilmu dan Mental. Ilmu itu bisa dipelajari beberapa menit akan tetapi mental inilah yang harus sangat sekali perlukan. Jadi Mental merupakan hal penting yang harus disiapakan sebelum melakukan penyembeliahan hewan qurban”. Selain itu hal-hal yang perhatikan sebelum menyembelih adalah

  1. Alat Penyembelih Harus Tajam
  2. Terputus saluran pencernaan dan pernafasan hewan
  3. Harus langsung mati

Adapun sang algojo adalah dari para mahasiswa guna melatih pengalaman dan mental merka dalam melakukan penyembeliahan, guna kelak terjun di masyarakat setelah mereka lulus perkuliahan. agenda ini melibatkan para dosen, tim pengelola dan mahasiswa yang bertugas dari penyembeliahan, pengulitan, memasakan dan diakhir dengan ramah tamah bersama. Hal ini bertujuan untuk menguatkan ukhwah islam antar mereka supaya saling akrab dan tidak canggung lagi dalam bermuamalah.

Kami harapkan diagenda Qurban selanjutnya lebih banyak lagi jumlah hewan qurban dan agenda lebih meriah dan rame lagi.