.elementor-kit-2474 p { margin-bottom: 15px; }

Persiapan Semester Genap : STIE Darunnajah adakan Workshop Penyusunan RPS & Penulisan Jurnal Ilmiah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

STIE Darunnajah – Semester genap akan segera tiba, beberapa persiapan dilakukan oleh pengelola STIE Darunnajah dalam mempersiapkan semester genap tersebut. Langkah awal yang dilakukan oleh tim pengelola adalah tentunya menyediakan fasilitas belajar para dosen dalam menyusun rencana pembelajaran semester dan penulisan jurnal ilmiah.

Tepat pada 18 Januari 2022, Tim pengelola STIE Darunnajah mengadakan workshop penyusunan rencana pembelajaran semester dan workshop penulisan jurnal ilmiah dan penelitian dosen diperuntukkan para dosen dan tim pengelola.

Acara workshop ini dihadiri oleh civitas akademika STIE Darunnajah, workshop ini berlangsung selama tiga jam, diawali dengan sambutan oleh ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darunnajah.

Beliau menyampaikan bahwa kita harus banyak belajar lagi dalam tata cara penyusunan rencana belajar, karena diumur STIE Darunnajah yang akan menginjak 2 tahun ini, kita berusaha mengedukasi dan memberikan pelatihan – pelatihan untuk perkembangan para dosen dan tim pengelola itu sendiri.

Dalam acara workshop, pengelola mengundang bpk bintarto wicaksono, selaku kaprodi ilmu komunikasi, universitas Budi Luhur yang handal dalam memberikan materi terkait penyusunan rencana pembelajaran semester ini.

Dalam pemaparan pemateri, beliau menyampaikan bahwa visi misi prodi menjadi salah satu komponen terpenting dalam Menyusun rencana pembelajaran, pasalnya, visi misi prodi merupakan tujuan dari pembelajaran yang diajarkan dosen kepada mahasiswa kurang lebih selama 6 bulan atau 18 pertemuan. Mau jadi apa? Dan dibawa kemana? Merupakan pertanyaan dasar dalam penyusunan rencana pembelajaran tersebut.

Selanjutnya, rencana pembelajaran semester ini merupakan pedoman mengajar para dosen agar sesuai dengan target pencapaian dari apa yang diinginkan oleh prodi ataupun institusi. Sehingga Mahasiswa dapat terarah dengan baik.

Workshop penyusunan RPS dilaksanakan secara 2 Sesi, sesi pertama yaitu materi dari pemateri, dan sesi ke 2 yaitu dengan praktek penyusunan RPS.

Setelah melaksanakan workshop penyusunan, lanjut pada siang hari, workshop penulisan jurnal ilmiah bersama ustadz Dudun Ubaedullah, M.A, beliau merupakan alumni Darunnajah yang sekarang berkiprah di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ust Dudun, menyampaikan materi nya selama 2 jam dimulai pukul 13.00 sampai 15.00 WIB, beliau menyampaikan menjadi dosen tidak seperti guru yang ada di SMA maupun SMP yang hanya memiliki kewajiban mengajar, akan tetapi, menjadi Dosen kita harus menjalankan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, maka selayaknya menjadi dosen kita harus menjalankan tiga hal tersebut.

Kontributor ; Rinaldi Permana Putra

 

Baca Juga