Pentingnya Inovasi Produk dalam Pasar Perdagangan

Istilah kata inovasi adalah kata yang sangat menarik di manajmen, hal ini para pemimpin dan politisi untk berlomba-lomba dan menggunakan inovasi sebagai  jargon atau peran utama untuk mengkiprahkan produk mereka. Menurut para Ahli Sebagaimana yang diungkapkan bahwa “Innovation” Bahasa yang dapat kita pahami “penggntian cara-cara yang lama dengan cara baru” tegasnya adalah “Pembaharuan, perubahan baru”, yang berarti inovasi. Dan kemudian dijelaskan inovasi (Innovation) adalah upaya untuk memperkenalkan sesuatu yang baru dengan maksud memperbaiki yang sudah ada, sehingga menimbulkan praktik yang baru baik itu dalam metode untuk mencapai tujuan.

Inovasi produk adalah produk sebagai gabungan antara berbagai macam proses yang saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Nasution menyatakan bahwasanya inovasi produk adalah memperkenalkan produk atau jasa baru ke pasar. Inovasi dikategorikan sebagai produk yang telah ada penentuan kembali pada lini baru yang telah ada, perbaikan dan revisi produk dapat diringkas menjadi tiga kategori yaitu :

  • Keunggulan produk
  • Kesamaan produk
  • Biaya produk

Tipe Inovasi Produk

Dalam pendekatan-pendekatan utama mengenai pengembangan produk baru yang didasarkan pada asumsi pasar tetap yaitu sebagai berikut :

  • Inovasi yang berbasis modulasi, menjelaskah bahwasanya perubahan pada karakteristik adalah melibatkan perubahan karakteristik dasar produk atau jasa dengan menaikkan atau menurunkan karakteristik tersebut.
  • Inovasi berbasis ukuran, menjelaskan bahwa yang berubah pada ukuran produk
  • Inovasi berbasis kemasan ini menjelaskan perubahan pada kemasan produk tersubut
  • Inovasi berbasis desain ini menjelaskan lebih pada tampilan produk tersebut
  • Inovasi pengmbangan dan komplementer, hal ini menjelaskan bahwasanya ini melibatkan pada tambahan bahan-bahan atau layanan tampilan produk
  • Inovasi produk pada pengurangan upaya, pengumabahnya hanya pada ukuran dari pasar.

Kualitas Produk

Kualitas ini tidak hanya terdapa pada bentuk wujudnya saja, akan tetapi sesuatu yang ditawarkan kepada pasar, dan untuk memuaskan kebutuhan konsumen, yang meliputi : fisik, jasa, penalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, informasi, dan ide, Adapun kualitas produk terdapat delapan dimensi yaitu :

  • Kinerja (performance), kualitas ini merupakan karakter dasar dari produk, contohnya seperti kecepatan pengiriman paket dll.
  • Fitur (featire) ini adalah kualitas pelengkap khusus untuk membedakan dengan produk lain.
  • Reabilitas (reabiliti) ketahanan dari produk tersebut atau kemungkinan kegagalan (rusak) pada periode tertentu.
  • Konformasi (conformance) kualitas pada kesesuaian produk pada standar yang telah disesuaikan.
  • Estetika (aesthetics), kualitas ini berhubungan dengan penampilan produk yang hanya bisa dinilai oleh panca indra.

Setelah dijelaskan perihal pengertian, tipe dan kualitas produk kita menyadari bahwasannya inovasi merupakan hal yang sangat penting dalam pasar perdagangan saat ini. Apabila kita tidak memiliki inovasi produk untuk bersaing atas kompetitor kita, maka akan tertinggal dengan yang lain.

Syafaruddin, Asrul dan Mesino. Inovasi Pendidikan. (Cet Pertama) (Medan: Perdana Publishing), p. 22

Cynthia Vanessa Djodjobo “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado” dalam jurnal Emba (No. 2, Vol. 2 September 2014) p. 1217

Devi Liana Larasati “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian” dalam jurnal e-Proceeding of Management (No. 2, Vol. 3 Agustus 2016) p. 1806

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *