Pengertian dan Tujuan Kewirausahaan

Hallo sahabat DBS lover…!!!
Bagaimana perkuliahan perdana sore tadi? lancar, semangat, sangat menarik. Semoga lancar dan selalu semangat dalam melakukan perkuliahan

Seiring bergantinya waktu dari detik berganti ke menit, dari menit berganti ke jam, dari jam berganti ke hari, dari hari berganti ke minggu, dari minggu berganti ke bulan, dari bulan berganti tahun dan lain sebagainya. Secara tidak langsung kita kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Darunnajah Jakarta, orang-orang di sekitar menganggap bahwasannya kita ahli atau mahir dalam bisnis/wirausaha. Oleh karena itu kita pahamkan diri kita terkait bisnis/wirausaha sebelum kita kenalkan dengan sekeliling kita, marilah kita simak dan pahami apa sih tujuan dari kewirausahaaan yang akan dijelaskan oleh dosen kita Rizka Fajrina, M,M ;

“Kewirausahaan Harus Menjadi Karakter”

Kewirausahaan atau entrepreneurship bukan cuma diartikan sebagai keterampilan bisnis. Lebih penting dari itu..!! Kewirausahaan adalah sikap kreatif, inovatif, dan berani mengambil keputusan sehingga dijadikan sikap hidup bahkan karakter bangsa Indonesia. (Ciputra – Tokoh Pendidikan Kewirausahaan)

Kalau dulu, prestasi dan pendidikan saja sudah cukup untuk menjadi bekal mencari pekerjaan dan bertahan hidup. Namun, dewasa ini belumlah tentu… Ada begitu banyak tujuan kewirausahaan yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi dalam mewujudkan impian mereka.

Beberapa tujuan kewirausahaan untuk mahasiswa/i dan dunia Pendidikan, yaitu :

  1. Tidak cukup hanya menguasai ilmunya saja, bangsa ini membutuhkan orang – orang yang sanggup mengubah ‘kesulitan menjadi peluang’ memberikan kontribusi bagi usahanya dan perusahaannya.
  2. Kewirausahaan dapat diterapkan disemua bidang pekerjaan dan kehidupan. Berarti, kewirausahaan sangat berguna sebagai ‘bekal’ masa depan mahasiswa/i bila ingin berkarir dalam bidang apapun.
  3. Ketika lulus dari Perguruan Tinggi kesulitan mendapatkan pekerjaan atau PKH, kewirausahaan bisa menjadi ‘langkah alternatif’.
  4. Agar sukses didunia kerja dan usaha, tidak cukup hanya hebat berbicara saja. Yang dibutuhkan adalah ‘ilmu nyata’ yang bisa mewujudkannya.
  5. Memajukan perekonomian Indonesia dan menjadi ‘lokomotif’ peningkatan kesejahteraan dan kemampuan bangsa Indonesia.
  6. Meningkatan ‘pendapatan’ dan memajukan perekonomian bangsa.
  7. Membudayakan ‘sikap unggul, perilaku positif dan kreatif’
  8. Menjadi bekal untuk mendapatkan penghasilan, dan ‘berkembang’.

Semua orang itu terlahir sama, yang membedakannya adalah proses perjalanan hidup yang dilalui, kebernian untuk mengambil keputusan dan berkembanglah pembedanya. Sekarang tergantung mahasiswa/I itu sendiri ‘bagaimana’ menggali kemampuan dan potensi kewirausahaan yang ada didalam diri, dan belajar untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

Demikianlah arti ataupun tujuan dari kewirausahaan yang  disampaikan oleh dosen kita, semoga para mahasiswa/wi DBS semakin mengerti dan paham apa makna dan tujuan dari kewirausahaan, yang mana tidak disalah artikan maknanya. Terimakasih

@rizka.FS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *