Pelatihan Mind Map dalam Rentetan Agenda IHT Guru Darunnajah 9 Pamulang

Pada setiap tahunnya pondok pesantren darunnajah selalu mengagendakan kegiatan In House Training (IHT) bagi seluruh guru-guru darunnajah dan cabangnya. Agenda ini bersifat wajib dan rutin yang diadakan pondok dengan tujuan untuk mengrefresh dan mengembangkan lagi skill para guru guna persiapan ajaran baru dalam mengajar santri-santrinya.
Hal inilah bentuk kepedulian pesantren kepada gurunya. Adapun materi yang disampaikan sangat variatif yaitu berkaitan dengan renungan, motivasi, skill-skill hard ataupun soft dan di akhiri dengan pengarahan tentang penyusan RPP bagi guru khususnya dan seluruh guru lama, sehingga tidak ada kekeliuran dalam proses pembelajaran santri kedepannya.

Sabtu (3/7/22021) Pesantren darunnajah 9 pamulang mengadakan agenda In House Training (IHT) dengan tema ” Mind Map” dengan pemateri Al Ustadz Samiyono, M.Pd. selaku Ketua STIE Darunnajah Jakarta. Adapun hal yang disampaikan beliau adalah Mind Map merupakan pemetaan pikiran berkaitan dengan pelajaran, kehidupan ataupun program kerja kantor. Mind map ini merupakan salah satu metode untuk memaksimalakan potensi manusia dalam berfikir dengan menggunakan otak kanan dan kiri secara bersama-sama.
Selain itu manfaat dari mind map itu memudahkan kita dalam belajar, meningkatakan kreatifitas kita dalam berfikir dan menjabarkan pemikiran dan mendorong kita lebih produktif dan efisian dalam mengerjakan kerjaan. Adapun hal perlu diperhatikan dalam membuat mind map seperti : Tentukan tema utama di tengah-tengah, mengubungkan setiap tema dan macamnya dengan garis warna atau simbol guna mempermudah bagi pembaca.

Mind map cocok sekali bagi para guru karena dapat memetakan bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada santri dengan mudah dan menarik. Sehingga akan mudah dipahami dan minat dalam belajar lebih semangat. Adapun untuk bagian di kantor juga dapat mempermudahkan langkah ataupun program kerja yang akan dicapai kedepannya sehingga dalam berkerja lebih efektif. Hal ini dilakukan diawal sebelum melakukan pekerjaan setelah itu mengejerjakan sesuai progres yang dibuat dalam mind map tersebut. Inilah kemudahan dan keuntungan dari penyusunan mind map sangat bermanfaat sekali.
Semoga kita sebelum melakukan pengajaran dan tugas kantor membuat mind secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *