Kuliah Umum STIE Darunnajah “Tips Menciptakan Usaha dalam 1 Tahun”

Halo Sahabat DBS Lovers sekalian….!!!
Alhamdulllah telah sampai hari ke 2 acara PBAK (Pekan Budaya dan Akademik Kampus) STIE dan STAI Darunnajah. Adapun acara hari ini dari STIE Darunnajah adalah Kuliah Umum bersama seluruh dosen dan mahasiswa/wi DBS yang diisi oleh pemateri ke 2 Al Ustadz Samiyono, M.Pd. sebagai Wakil Ketua STIE Darunnajah menyampaikan materi dengan judul TIPS MENCIPTAKAN USAHA DALAM 1 TAHUN, Pengin tau apa saja tips yang dapat menciptakan usaha dalam tempo 1 tahun ini.mari simak bersama ;

Kita sebagai kaum millenial di Era Digitalisasi kita harus berfikir digital dan bisa menciptakan produk yang bisa dipromosuikan secara digital juga. bukan saatnya kita masih dalam suasana penikmat dan kita harus produktif untuk menghasilkan pendapataan yang besar, kenapa? Karena Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya dibandingkan negara tetangga dan bangus dalam dunia perdagangan, disini kami akan menyampaikan 5 tips dalam membangun usaha selama 1 tahun antara lain,

1. Menyamakan mindset dan mimpi

Mindset dan mimipi merupakan 2 hal yang saling berkesinambungan satu sama lainnya. karena apabila mindset kita berfikir akan sukses maka, yang selalu dalam fikiran kita akan memiliki pinsip sesuatu motivasi dan dorongan untuk kita menjadi sukses, selanjutnya akan menjadi mimpi yang sukses. Jadi mindset itu sangat penting sekali yang kita harus membangun secara positif dan produktif sehingga mimpi kita akan mengikuti mindset tersebut. Jadi Pengusaha itu usahanya yang jalan dan pengusahanya jalan itulah prinsip dalam berusaha.

2. Kerja Keras  dan Kerja Cerdas

Saat ini kita sebagai pemuda harus memiliki tekad bekerja keras dan bersungguh-sunggu yang membara bagaikan api yanag berkobar dan kita harus menggapai mimpi kita. Kita ada kata nanti, Masa depanmu ditentukan sekarang. Jadi pergunakan masa mudamu untuk melakukan hal yang  bermanfaat dan produktif untuk kesuksesan masa depanmu, karena masa muda tidak akan datang kedua kalinya dan selanjutnya akan menuju dalam masa tua. Semoga dalam masa kita nanti kita dapat memetik jerih payah di kala kita kesusahan dalam masa muda yang kita kerjaaakan.

3. Net Work

Mulai saat ini kita harus memperbanyak dan memperluas net work kita dengan orang-orang, lembaga, pengusaha dan orang penting lainnya, kenapa? Karena pada intinya network itu sebagai jalan ataupun wadah yang berguna untuk berkolaburasi  dengan lain pihak dan dapat mempermudah kita dalam menjalani perusahaan dengan maksimal. Oleh karena itu perluaslah network kita apabila ingin sukses di masa depan.

4. Lingkungan Pergaulan

Lingkungan pergaulan adalah hal yang sangat penting dan berpengaruh sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Apabila kita hidup dalam lingkungan yang males-malesan maka, kita akan menjadi malas-malasan dan sebaliknya apabila kita hidup dalam lingkungan orang  yang produktif kita akan menjadi orang  produktif dan sukses. Oleh karena itu kita harus selektif dalam memilih teman dan lingkungan, karena itu yang akan menentukan masa depan kita.

5. Pintar dalam Keuangan

Makna dari pintar dalam keuangan ialah kita dapat mengantur sirkuls pengeluaran dari pendapataan kita, jangan sampai semua pendapatan digunakan untuk hal yang konsumtif saja dan kita harus menggunakan hal produktif yang akan menghasilkan pasif income. Jadi kita tidak mengeluarkan pendapatan untuk hal yang dapat menambahkan income kita selama 1 bulan itu juga. Adapun kita bisa teladani dari kisah Nabi Yusuf A.S. yang mana beliau sangat cerdas dan pandai dalam mengelola financial, antara lain yang beliau lakukan adalah

  • Pendapatan untuk Operasional

Ini adalah hal yang sangat penting bagi para pengusaha,apabila kita tidak memikirkan operasional perusahaan maka akan hancur, kenapa? karena uang operasional tersebut berguna untuk memperbaik kinerja barang yang digunakan untuk produksi sehingga alat tersebut akan berkerja lancar seperti semula kembali.

  • Pendapatan untuk Investasi

Investasi merupakan suatu hal yang berfungsi untuk menyimpan pendapatan kita menjadi pasif income, semakin banyak nominal kita yang investasikan maka keuntungannya akan besar juga. dibandingan kita menggunakan pendapatan tersebut untuk hal yang konsumtif, lebih baik kita gunakan untuk investasi yang  akan menambah income kita. Yuk mari berinvest bersama…

  • Pendapatan untuk Sedekah

Sedekah merupakan kegiatan memberikan sebagian harta kita kepada yang membutuhkan, karena sesungguhnya dalam harta kita ada sebagian harta bagi yang mendapatkannya. Kita jangan berfikiran dengan besedekah uang kita akan berkurang, bahkan dengan kita bersedekah maka akan rezeki kita akan ditambah bekali-kali lipat. Oleh karena itu marilah kita melakukan sedekah kepada yang  membutuhkannya.

 

Mungkin itu adalah 5 tips yang bisa kami sampaikan, kami harapakan semoga kalian dapat menerapkan dan mempraktekan semoga dalam 1 tahun dalam menciptakan usaha. Adapun modal yang sangat penting untuk mewujudkan itu semuanya dengan selalu berfikir positif sesungguhnya setelah ada kesusahan pasti ada jalan dan jangan lupa jika ingin melakukan usaha itu harus mencoba harus memulai, kalo tidak memulai itu bukan usaha.

-Zulema Mutiara Mukholladun-

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *