.elementor-kit-2474 p { margin-bottom: 15px; }

Kiat-kiat untuk UMKM saat Pandemi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

Seperti yang kita ketahui akibat Covid-19 sektor ekonomi melemah terutama untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menangah) Dengan adanya fenomena ini maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha kita tetap bisa bertahan di tengah pandemi.

1. Buatlah inovasi produk!

Dalam dunia bisnis menciptakan inovasi atau terobosan baru sangatlah penting. Karena hakikatnya kebutuhan dan selera masyarakat dari tahun ke tahun seringkali berubah. Kita sebagai pemilik usaha seharusnya lebih fleksibel juga mampu memanfaatkan peluang serta melakukan riset secara berkala terhadap kebutuhan dan keinginan pasar. Bisa kita ambil Namun, ketika pandemi penjual masker kain tersebut juga menyediakan jenis masker yang di himbau oleh pemerintah. Dengan begitu UMKM yang kita bangun pun sekiranya mampu bertahan di tengah pandemi ini.

2. Perhatikan kualitas produk

Seperti yang kita ketahui dampak dari pandemi ini salah satunya menyerang sektor ekonomi yaitu, banyaknya usaha yang bangkrut. Dengan keadaan ini kita pun dituntut tetap memperhatikan kualitas produk. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu nilai plus untuk produk kita. Bisa juga membuat paket ekonomis untuk menarik minat masyarakat.

3. Memperhatikan layanan pengiriman

Di tengah kondisi saat ini dan seiring berkembangnya era digital. Terlebih untuk UMKM yang bergerak secara online kita sebaiknya mempunyai oprasional dan juga memperhatikan layanan pengiriman di hari yang sama atau biasa kita sebut juga sameday. Tujuannya agar produk lebih cepat bisa diterima dan digunakan oleh masyarakat.

4. Manfaatkan E-Commerce

Kondisi saat ini yang mengharuskan masyarakat mengurangi kontak fisik menyebabkan masyarakat lebih memilih membeli kebutuhannya secara online. Kita sebagai pemilik usaha harus peka terhadap kebiasaan dan tren di masyarakat. Dan E-Commerce adalah salah satu platform yang paling dicari masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Kelebihan E-Commerce juga adalah lebih aman dan terpercaya. Serta mampu menjangkau konsumen dari berbagai daerah bahkan negara walaupun kita bekerja hanya dari rumah sekalipun. Maka sebaiknya kita memanfaatkan platform ini beserta fitur-fiturnya untuk mengembangkan dan mengenalkan usaha kita lebih luas lagi.

Kontributor: Salma Lathifah, Mahasiswi Administrasi Bisnis

Baca Juga