KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA





“Kewirausahaan atau entrepreneurship bukan hanya sebagai keterampilan bisnis. Lebih penting dari itu, kewirausahaan adalah sikap kreatif, inovatif, dan berani mengambil keputusan sehingga dijadikan sikap hidup dan bahkan karakter bangsa Indonesia.” ( Cipta – Entrepreneur).

Dahulu prestasi dalam dunia Pendidikan saja sudah cukup untuk bekal dalam mencari pekerjaan dan bertahan hidup. Jauh berbeda dengan era sekarang, dewasa ini prestasi dalam dunia Pendidikan itu belumlah cukup!! Berdasarkan hal tersebut, banyak tujuan kewirausahaan yang bisa di manfaatkan oleh para lulusan perguruan tinggi dalam mewujudkan impiannya. Ada beberapa tujuan kewirausahaan untuk mahasiswa dan dunia Pendidikan, yaitu :

Pendidikan saja tidaklah cukup untuk bekal masa depan

Kita tidaklah cukup hanya menguasai ilmu yang “umum” saja. Bangsa ini membutuhkan orang – orang yang sanggup mengubah ‘kesulitan’ menjadi ‘peluang’ dan memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Kewirausahaan bisa diterapkan di semua bidang pekerjaan dan kehidupan.

Kewirausahaan adalah bekal masa depan mahasiswa bila ingin berkarir dibidang apapun.

Ketika lulusan perguruan tinggi kesulitan mendapatkan pekerjaan atau terkena PHK (pemutusan Hubungan Kerja), kewirausahaan bisa menjadi langkah alternatif untuk mencari nafkah dan bertahan hidup.

Sukses di dunia kerja, tidak cukup hanya orang yang pandai berbicara yang dibutuhkan adalah bukti nyata / realitas. Kewirausahaan adalah ilmu nyata yang bisa mewujudkannya.

Memajukan perekonomian Indonesia dan menjadi lokomotif peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

Meningkatkan pendapatan, baik itu keluarga dan daerah yang berujung pada peningkatan perekonomian bangsa.

Membudayakan sikap unggul, berprilaku positif, kreatif dan inovatif.

Kewirausahaan bukanlah ilmu ajaib yang mendatangkan uang dalam waktu singkat, namun tidak bisa disangkal bahwasannya kewirausahaan memiliki peran yang sangat vital bagi kemajuan.

Semua orang itu sama, itu berarti mereka dilahirkan sama dan diberi kemampuan menjadi manusia yang utuh, normal dan cara berfikir baik. Yang membuat setiap orang berbeda adalah proses perjalanan hidup yang dilaluinya. Perbedaan itu terjadi karena setiap orang akan memikirkan dan melakukan segala sesuatu kearah yang berbeda.

“Kesuksesan itu tidak dapat memilih dan tidak suka dipilih oleh orang yang tidak siap menerimanya. Kesuksesan itu akan hinggap pada orang – orang yang telah berusaha keras untuk meraih dan memperjuangkannya”.

Bisakah Anda jadi wirausahawan yang sukses dan hebat?? Tentu saja bisa!! Semua itu tergantung kepada Anda, bagaimana Anda menggali potensi kewirausahaan yang ada dalam diri Anda dan mulai belajar untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Rizka Fajrina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *