Inilah Perberbedaan Investasi Saham dengan Tranding Saham

Pada saat ini banyak orang yang penasaran antara investasi saham dan tranding saham. Jangan sampai kalian salah faham tentang makna antara keduanya. Jadi kalian tidak akan memulai langkah dalam kesuksesan di masa depan.Yuk mari simak artikel di bawah ini ;

Investasi menjadi kata yang sering didengar pada beberapa waktu terakhir hingga detik ini. Hal ini dikarenakan terbukanya jalan lebar di dalam investasi. Saat ini semua orang bisa melakukan dengan mudah dan cepat sehingga investasi menjadi aktivitas yang banyak dilakukan orang dari usia muda hingga tua demi bisa mendapatkan keuntungan. Adapun jenis dari investasi yang kita kenal seperti saham, properti, emas hingga reksa dana. Berbicara mengenai saham, sebenarnya investasi saham menjadi permainan yang cukup rumit dikarenakan harus bisa membaca pasar demi bisa mendapatkan saham yang tepat dan bisa menjualnya di saat yang tepat juga.

Sebenarnya selain investasi saham, ada juga istilah trading saham. Walau sama-sama membawa kata “saham”, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, termasuk dengan pelakunya.

Investasi Saham
Investasi Saham merupakan kegiatan membeli saham dan menyimpannya ketika harganya rendah, berharap harga itu akan naik dan akan dijual oleh investor. Investor memiliki berasumsi kalau harga saham tersebut akan naik lagi pada waktu yang tepat. Ketika investasi saham, biasanya saham yang dimiliki akan ditahan dalam jangka waktu yang lama, bahkan lebih dari satu tahun. Investor dapat dibagi menjadi investor institusi (perbankan, perusahaan asuransi dan lainnya) dan investor retail (investor perorangan). Saham yang dibeli ini biasanya memiliki likuiditas yang rendah. Kalaupun mau dijual, ada perasaan sudah cukup untuk menyimpan saham itu atau kondisi yang malah semakin memburuk. Untungnya, risiko yang didapatkan ketika investasi saham biasanya tidak terlalu besar.

Trading Saham
Tranding Saham memiliki tingkat lebih tinggi dibandingkan investasi saham. Karena bermain trading saham harus dilakukan oleh trader yang sudah terlebih dahulu mengenal seluk beluk dunia saham. Trader memang mendedikasikan hidupnya untuk saham demi mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat. Ketika investasi saham biasanya ditahan hingga 1 tahun lebih, tidak dengan trading saham. Trader akan menjual kembali saham yang baru dia beli dalam jangka waktu sangat sebentar. Bisa 15 menit, 30 menit dan paling lama hanya 1 minggu saja.

Jangka waktu saja, sudah terlihat jelas bagaimana perbedaan trading saham yang memang lebih rumit dan menantang dibandingkan investasi saham. Selain itu, strategi yang digunakan sudah pasti jauh lebih rumit lagi dengan melihat politik serta ekonomi global demi bisa mendapatkan saham yang diinginkan. Risiko yang dihadapi juga tentunya lebih besar lagi. Maka dari itu, dengan konsep jual dan beli yang sangat cepat, tidak semua orang bisa bermain di dalam urusan trading saham.

Investasi Saham dan Trading Saham itu Berbeda..!!!
Investasi Saham dan trading saham sering disebut dengan metode keuangan untuk menambah kekayaan dengan suatu jangka waktu dengan membeli dan menyimpan sebuah portofolio atau kumpulan aset. Walaupun keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan, ternyata investasi saham berbeda dengan trading saham. Artinya keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh antara lain, jangka waktu; dimana pada investasi saham fokus adalah waktu dengan jangka panjang sedangkan trading adalah transaksi jangka pendek. Hal ini merupakan salah satu perbedaan antara keduanya.

Setelah dijelaskan pengertian dan perbedaan dari keduanya pastinya sudah mengerti bagaimana perbedaan investasi saham dengan trading saham yang punya strategi yang berbeda, aktivitas ini sangat berbeda dan risiko juga berbeda.

_Mukholladun_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *